fsdg




Lihat Semua Photo
 

Melangkah Pasti untuk Sesuatu yang Berbeda

KOMPAS.com — Denmark hanyalah negara kecil. Jumlah penduduknya pun tak mampu menyamai Jakarta yang jumlah warganya kini mencapai sekitar 10 juta. Dengan luas wilayah sekitar 43.100 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 5,475 juta orang, Denmark menjadi sebuah negara yang sering terlewatkan dalam pembicaraan global untuk berbagai hal. Sebagai anggota Uni Eropa, sosok Denmark sering ”tertelan” oleh kebesaran Inggris, Jerman, atau Swiss.

Selengkapnya ..

Lihat Semua Artikel >>


Blog Counter
 
Untitled Document
 

Klasifikasi

Jatropha curcas termasuk tanaman famili Euphorbiacea, satu famili dengan tanaman karet dan ubi kayu. Tanaman ini diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom      : Plantae

Divisi             : Spermatophyta

Subdivisi      : Angiospermae

Kelas            : Dicotyledonae

Ordo              : Euphorbiales

Famili            : Euphorbiaceae

Genus           : Jatropha

Spesies        : Jatropha curcas L.

 

Tanaman jarak pagar atau Jatropha curcas merupakan tanaman perdu dapat tumbuh tinggi mencapai 1-7m, dan memiliki cabang yang tidak beraturan. Batang kayu berbentuk silindris dan jika dipotong akan mengeluarkan getah. Adapun bagian Jatropha curcas sebagai berikut:

1.     Daun 

Daun Jatropha curcas merupakan daun tunggal memiliki sudut 3-5. Daun menyebar diseluruh batang. Daun pada permukaan atas dan bawah berwarna hijau, namun pada bagian bawahnya sedikit lebih pucat.. lebar daun menyerupai hati atau oval dengan panjang 5-15 cm. Daun berlekuk,bergaris hingga ke tepi. Tulang daun menjari dengan 5-7 tulang daun utama. Daun di hubungkan dengan tangkai yang memiliki panjang sekitar 4-15 cm.

 

2.     Bunga

Bunga tanaman jarak adalah bunga majemuk berbentuk malai, berwarna hijau kekuningan, berkelamin tunggal dan berumah satu (putik dan benang sari dalam satu tanaman). Bunga betina 4-5 kali lebih banyak dari bunga jantan. Bunga jantan maupun bunga betina tersusun dalam rangkaian berbentuk cawan yang tumbuh di ujung batang atau ketiak daun. Bunganya mempunyai 5 kelopak berbentuk bulat telur dengan panjang kurang lebih 4 mm. Benang sari mengumpul pada pangkal dan berwarna kuning. Tangkai putik pendek berwarna hijau dan kepala putik melengkung keluar berwarna kuning. Bunganya mempunyai 5 mahkota berwarna keunguan.setiap tandan terdapat lebih dari 15 bunga. Jarak pagar termasuk tanaman monoecious dan bunganya uniseksual. Kadangkala muncul bunga hermaprodit yang berbantuk cawan berwarna hijau kekuningan.

 

3.     Buah

Buah tanaman jarak berupa kotak berbentuk bulat terur dengan diameter 2-4 cm. Panjang buah 2 cm dengan ketebalan sekitar 1 cm. Buah berwarna hijau ketiak muda dan berubah menjadi abu-abu kecokelatan atau kehitaman ketika masak. Buah jarak terbagi menjadi 3 ruang, masing-masing ruang berisi satu biji sehingga dalam setiap buah terdapat 3 biji.

 

Biji berbantuk bulat lonjong dan berwarna cokelat kehitaman. Biji inilah yang banyak mengandung minyak dengan rendemen sekitar 30-50% dan mengandung toksin sehingga tidak dapat dimakan.

Syarat Tumbuh

Jatropha curcas atau jarak pagar tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 300 m dpl. Curah hujan berkisar antara 300-2.380 mm/tahun. Suhu yang sesuai sekitar 20-260C. Pada daerah dengan suhu yang terlalu tinggi diatas 350C atau terlalu rendah dibawah 150C, akan menghambat pertumbuhan serta mengurangi kadar minyak dalam biji dan mengubah komposisinya.

Sistem perakaran tanaman jarak pagar mampu menahan air dan tanah terhadap kekeringan serta berfungsi sebagai tanaman penahan erosi. Jarak pagar dapat tumbuh pada berbagai ragam tekstur dan jenis tanah, baik tanah berbatu, tanah berpasir maupun tanah berlempung atau tanah liat. Disamping itu, jarak pagar dapat beradaptasi pada tanah yang kurang subur atau tanah bergaram, memiliki drainase baik, tidak tergenang dang pH tanah antara 5.0 and 6.5

Budidaya

Tanaman jarak dapat tumbuh di tanah berbatu dan di celah bebatuan. Tanaman ini berkecambah sekitar 9 hari . penambahan pupuk kandang saat berkecambah memiliki efek negatif namun dapat diaplikasikan setelah tahap berkecambah. Walaupun demikian, tanaman ini dapat juga diperbanyak dengan stek karena dapat tumbuh secara cepat dibandingkan dengan biji. Bunga mulai terbentuk di bagian pucuk, oleh karena itu ramifikasi atau perbanyakan cabang atau pemangkasan mutlak diperlukan untuk meningkatkan hasil buah.

Jatropha